Cara Menghapus Malware di Android yang Tidak Bisa Dihapus dengan Sekali Klik

  • Whatsapp

Cara menghapus malware di android yang tidak bisa dihapus – Pernahkah kalian merasa ?, setelah kalian menginstall sebuah aplikasi di ponsel kalian, lalu terjadi sesuatu hal yang janggal.

 

Misal seperti ponsel cepat panas, padahal kalian sedang tidak membuka apapun, kemudian tiba-tiba kinerja ponsel kalian menjadi sangat lambat, atau mungkin tiba-tiba muncul pop up iklan padahal kalian tidak sedang membuka apa-apa.

 

Jika kalian pernah merasa seperti itu bisa jadi ponsel kalian terdapat virus, atau yang biasa dikenal dengan Malware.

 

Bagi kalian yang belum tahu apa itu malware, akan kami jelaskan sedikit apa itu malware dan seberapa bahayanya jika ada ponsel kalian.

 

Apa itu Malware ?

Malware adalah sebuah singkatan dari Malicious Software, jika software-software yang lain dibuat untuk membantu kehidupan kita dalam pekerjaan atau keseharian, software ini justru dibuat untuk menyusahkan hidup kita.

 

Bagaimana tidak ?, software berbahaya ini mempunyai kemampuan untuk menyusup dan merusak sistem dari dalam.

 

Oleh karena itu kita harus segera menghapus software tersebut dari perangkat kita, jika kita sudah mencurigai suatu aplikasi yang mengandung Malware tersebut.

 

Sebagian pasti pernah mengalami kasus dimana malware tersebut tidak bisa dihapus dengan cara biasa, walaupun kita telah menghapus aplikasi yang kita curigai, namun tetap saja malware tersebut masih ada.

 

Lalu bagaimana cara menghapus malware di android yang tidak bisa dihapus, pada artikel kali ini kami akan membahas tentang cara menghapus malware di android yang tidak bisa di hapus, cara menghilangkan malware di hp tanpa reset, cara menghilangkan malware di chrome android.

 

Dan hal terkait seperti cara menghapus virus di hp xiaomi, cara menghapus di hp oppo, cara menghapus virus di hp vivo, hapus virus otomatis.

 

Cara Menghilangkan Malware di Android yang Tidak Bisa Dihapus

Sebenarnya cara menghilangkan malware di android yang tidak bisa dihapus bukanlah suatu hal yang sulit untuk kalian lakukan.

 

Kalian bisa menghapus nya bahkan hanya dalam satu klik sekalipun, mau tahu cara menghapus virus di android tanpa reset ?,  simak cara-cara yang bisa kalian lakukan dibawah ini.

 

1. Menghapus aplikasi yang dicurigai

 

Cara menghapus malware di android yang tidak bisa dihapus yang pertama adalah dengan mengecek aplikasi yang menurut kalian layak untuk dicuigai seperti aplikasi yang diinstall dari luar playstore.

 

Atau bisa jadi aplikasi terakhir yang kalian install, mengandung sebuah malware di dalamnya, kalian bisa mengecek aplikasi yang terakhir kalian install dengan menggunakan aplikasi Addons Detector.

 

Simak langsung cara berikut untuk mengetahui aplikasi yang terakhir di install oleh kalian.

 

  • Pertama kalian download terlebih dahulu aplikasi Addons Detector disini.
  • Setelah itu buka aplikasi tersebut, lalu klik Scan.
  • Pilih Install Date untuk memunculkan aplikasi yang terakhir kalian pasang.
  • Pilih aplikasi yang menurut kalian mencurigakan.
  • Tekan Manage App > Uninstall.

 

Pada cara ini kita mencari aplikasi yang mencurigakan, lalu menghapusnya. Dengan begitu, aplikasi yang kita curigai mengandung malware sudah hilang dan malware pun tidak bisa muncul kembali.

 

2. Memantau Notification Panel

 

Cara selanjutnya masih menggunakan aplikasi Addons Detector, kalian bisa mengetahui aplikasi apa saja yang bisa memunculkan notifikasi di Notification Panel.

 

Sehingga dengan cara ini kita bisa mengetahui aplikasi mana saja yang yang menjadi akar permasalahan dari munculnya malware-malware yang mengganggu kalian.

 

Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk lebih lengkapnya.

 

  • Buka aplikasi Addons Detector yang sudah kalian install sebelumnya.
  • Klik Notification Monitor.
  • Selanjutnya klik ON atau Aktif, kemudian centang Addons Detector.
  • Setelah itu, kalian bisa close aplikasinya dan menunggu hingga ada iklan yang muncul.
  • Lalu terdapat iklan yang muncul kalian bisa langsung mengecek aplikasi apa yang barusan memunculkan iklan pada ponsel kalian.
  • Setelah mengetahui aplikasinya, kalian bisa   hapus aplikasi tersebut agar si malware bisa ikut terhapus.

 

Baca juga cara melihat password wifi yang sudah connect di Android

 

3. Mengecek shortcut monitor

 

Cara selanjutnya adalah dengan mengecek shortcut monitor menggunakan Addons Detector, dengan cara ini kalian akan mengetahui aplikasi apa saja yang memunculkan ikon di daftar aplikasi.

 

Namun ikon tersebut bukan membuka aplikasi akan tetapi hanya akan mengarahkan kita untuk mendownload aplikasi lagi dengan membuka sebuah browser.

 

Berikut cara menggunakannya.

 

  • Buka aplikasi Addons Detector.
  • Aktifkan Shortcut Monitor dengan mengklik ikon Shortcut Monitor.
  • Tunggu beberapa saat, lalu kita bisa close aplikasinya.
  • Setelah itu kalian bisa pantau app drawer atau daftar aplikasi, jika ada ikon aplikasi baru muncul padahal kalian tidak menginstall aplikasi apapun, langsung buka aplikasi Addons Detector.
  • Masuk ke bagian Shortcut Monitor, lalu kalian akan melihat aplikasi apa yang baru saja menambahkan icon.
  • Setelah kalian mengetahui nya, langsung saja kalian hapus aplikasi tersebut agar hapus virus otomatis.

 

4. Memasang aplikasi anti malware

 

Cara Menghapus Malware di Android yang Tidak Bisa Dihapus
Cara Menghapus Malware di Android yang Tidak Bisa Dihapus – Memasang Aplikasi Anti Malware

 

Cara menghapus malware di android yang tidak bisa dihapus selanjutnya adalah dengan menginstall aplikasi anti virus atau anti malware.

 

Aplikasi ini akan sangat membantu kita dalam mengatasi masalah yang sekarang sedang kita hadapi, namun banyak juga aplikasi anti malware yang justru hanya membuat virus, lalu menghapus virus itu sendiri.

 

Oleh karena itu kalian harus pintar-pintar dalam memilih aplikasi anti malware untuk android, agar ponsel kalian bisa terjaga dari malware dengan maksimal.

 

Berikut adalah aplikasi anti virus yang bisa kalian pertimbangkan untuk kalian install.

 

 

5. Cara Menghapus Malware di Android yang Tidak Bisa Dihapus dengan Masuk ke Safe Mode

 

Cara menghilangkan virus di hp tanpa reset selanjutnya adalah dengan masuk ke mode Safe Mode.

 

Dengan cara mennghilangkan virus di hp tanpa reset ini kita akan menghapus aplikasi-aplikasi yang terindikasi terinfeksi virus atau malware.

 

Kalian bisa masuk ke Safe Mode dengan menekan tombol Power, kemudian setelah muncul pilihan Power Off atau Restart, tekan lama pada Power Off.

 

Ketika muncul pop up bertuliskan ingin reboot ke Safe Mode, kalian cukup tekan Oke dan nanti ponsel kalian akan otomatis restart dan masuk ke mode Safe Mode.

 

Setelah masuk ke Safe Mode, kalian bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menghapus aplikasi yang terinfeksi virus.

 

  • Cari aplikasi-aplikasi yang terinfeksi atau mengandung malware.
  • Hapus atau uninstall aplikasi tersebut agar bisa hapus otomatis virus yang ada di ponsel kalian.
  • Setelah kalian hapus aplikasi yang terinfeksi virus, kalian masuk ke Settings.
  • Kemudian pilih Device Administrator.
  • Selanjutnya centang kotak yang ada disampingnya.
  • Jika sudah selesai semua, kalian reboot kembali ponsel kalian, dan ponsel sudah kembali normal.

 

6. Cara Menghapus Malware di Android yang Tidak Bisa Dihapus dengan sekali klik

 

Cara selanjutnya adalah cara menghapus aplikasi di android yang tidak bisa dihapus dengan menggunakan Reset atau Setel ke Setelan Pabrik.

 

Cara ini adalah cara yang paling gampang sekaligus paling menyayangkan karena jika kalian melakukan cara ini semua aplikasi kalian akan terhapus, dan hanya akan tersisa aplikasi bawaan saja.

 

Namun kalian tidak perlu repot-repot melakukan langkah-langkah seperti cara-cara sebelumnya.

 

Catatan penting : Langkah dibawah ini akan menghapus seluruh aplikasi dan data yang ada di Android kamu

 

Jika kalian ingin melakukan cara ini kalian bisa masuk ke Settings > Buat cadangan & setel ulang > Kembalikan ke setelan pabrik.

Ketika kalian sudah menekan kembalikan ke setelan pabrik ponsel kalian akan terasa seperti baru kembali. semua aplikasi bawaan sudah terhapus dan malware pun juga ikut terhapus.

 

Akhir Kata

 

Demikianlah cara menghapus malware yang tidak bisa dihapus di android, dan cara menghilangkan virus di hp tanpa reset.

 

Cara-cara di atas adalah cara yang sangat mudah dan efektif untuk kalian lakukan, mulai dari tanpa aplikasi hingga dengan aplikasi sekalipun, bahkan ada yang dengan sekali klik saja.

 

Agar kalian tidak mengalami kejadian seperti ini lagi, selalu hindari aplikasi-aplikasi ilegal yang kalian install dari pihak ketiga.

Karena aplikasi dari luar PlayStore akan sangat rentan sekali membawa malware yang akan membuat sistem ponsel kalian rusak.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *