Mengenal Aplikasi Clubhouse dan Cara Kerjanya

  • Whatsapp

Aplikasi clubhouse – Makin kesini makin meroket saja aplikasi baru yang pernah digunakan oleh Elon Musk.

 

Yup, apa lagi kalau bukan aplikasi clubhouse. Aplikasi yang saat ini hanya baru tersedia pada platform apel kroak alias Apple berhasil menarik perhatian masyarakat dengan cara kerja nya yang berbeda dengan aplikasi social media lainnya.

 

Para tokoh dan artis papan atas pun tak ketinggalan untuk mencoba aplikasi clubhouse yang bernilai sangat eksklusif untuk berbincang dengan pengguna lainnya.

 

Mengenal Aplikasi Clubhouse

Berdirinya Clubhouse

aplikasi clubhouse ios
Logo ClubHouse aplikasi chat berbasis audio di App Store. (Photo illustration oleh Jakub Porzycki/NurPhoto via Getty Images)

Aplikasi ini mulai berdiri sejak tahun 2020 lalu, clubhouse berhasil membangun reputasi dengan cepat di antara para masyarakat milenial.

 

Para millennial menggunakan clubhouse sebagai tempat untuk bertemu orang lain atau teman. Tidak hanya sampai disitu, aplikasi ini juga dijadikan sebagai tempat bertukar ide, mengobrol dengan tokoh besar, menghadiri konferensi pers dan masih banyak lagi.

 

Aplikasi ini, dikembangkan oleh perusahaan Alpha Exploration Co., yang mendapat  kucuran dana dari Ventura Andreessen Horowitz sebesar 12 juta USD atau setara dengan 168 milyar rupiah.

 

Clubhouse Memiliki Cara Kerja yang Berbeda 

aplikasi clubhouse

Berbeda dengan aplikasi social media yang lainnya, aplikasi ini tidak memiliki konten seperti gambar teks dan video di dalamnya.

 

Melansir dari Business Insider, Clubhouse aplikasi yang bersifat undangan, artinya siapapun yang ingin bergabung harus dibawa oleh orang yang sudah memiliki akun.

 

Orang yang belum bergabung dapat mendownload aplikasi nya tersebut dan memasukkan username nya dalam daftar tunggu. Meskipun belum ada jaminan akan mendapatkan akun dengan cara itu.

 

Singkatnya, pada aplikasi clubhouse ini kalian bisa membuat room kalian sendiri atau bergabung dengan room manapun jika kalian memiliki undangan pada room tersebut.

 

Dalam aplikasi clubhouse pengguna juga bebas bergabung atau meninggalkan room kapan saja. Dan juga dapat mengubah room menjadi tempat aula rapat umum. 

 

Jika kalian memiliki undangan, kalian bisa mendaftar dan memilih topik yang paling menarik menurut kalian pada aplikasi ini.

 

Ketika pengguna membuka aplikasi, nantinya pengguna akan diberikan daftar room lengkap beserta siapa saja yang ada di room tersebut.

 

Setiap room memiliki moderator, pembicara dan pendengar. Moderator memiliki hak istimewa yaitu bisa mengontrol pembicara maupun pendengar. Dan pendengar juga bisa mengangkat tangan untuk berbicara.

 

Populer Karna Elon Musk

aplikasi clubhouse dan elon musk

Pada awal peluncurannya maret 2020 oleh pengusaha Silicon Valley yaitu Paul Davidson dan Rohan Seth. Aplikasi ini hanya memiliki sekitar 1.500 pengguna dan bernilai 100 juta USD.

 

Aplikasi ini pertama kali dikenal masyarakat karena berkat Elon Musk. Ia mengadakan sesi obrolan bersama Robinhood CEO yaitu, Vlad Tenev mengenai Dinamika Pasar melansir dari indiatoday.com.

 

Selama sesi percakapan masih berlangsung pengguna lain bisa ikut bergabung untuk mendengarkan obrolan terkait topik yang sedang dibahas oleh pembawa acara dan bintang tamu.

 

Aplikasi Clubhouse di Android

aplikasi clubhouse di android

Bagi para pengguna platform android, kalian harus sedikit bersabar untuk bisa menikmati aplikasi ini.

 

Karena aplikasi ini baru hanya tersedia di iOS. Kalian bisa membeli iPhone terlebih dahulu untuk menikmati aplikasi ini jika kalian tidak ingin lama menunggu.

 

Namun, ada kabar baik bagi para pengguna platform android. CEO Clubhouse mengatakan bahwa aplikasi tersebut akan terus di kembangkan lagi agar suatu saat bisa digunakan oleh semua orang termasuk pengguna android.

 

Akhir Kata

 

Clubhouse mengusung konsep FOMO atau “takut ketinggalan”, sehingga pengguna yang tidak online atau aktif saat sesi percakapan berlangsung. Maka pengguna tersebut akan terlewat sesi percakapan tersebut.

 

Beberapa pekan terakhir ini clubhouse memberikan sebuah data yang mengesankan yaitu, ada 2 juta pengguna baru yang bertambah di beberapa pekan akhir ini.

 

Dan yang mengejutkan lagi saat ini clubhouse telah memiliki nilai 1 milyar USD atau setara dengan 13,9 T (kurs Rp13.900) dan juga sudah memiliki 180 investor.

 

Demikian informasi seputar clubhouse, aplikasi yang sedang viral belakangan ini di jagat sosial media.

 

Baca Juga : 5 alasan aplikasi clubhouse digandrungi milenial

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *